Cara Mengatasi Video Youtube Yang Terkena Pembatasan Usia

Setelah channel youtube berhasil diterima dan bergabung dengan partner youtube. Maka hal yang dilakukan selanjutnya adalah mengupload konten yang bisa memberikan peluang iklan yang muncul di semua konten yang dipublikasikan ke publik.

Namun salah satu kendala yang menyebabkan iklan tidak muncul di channel yotube yang sudah berhasil dimonetisasi adalah konten youtube yang terkena pembatasan usia.

Konten youtube yang mendapatkan notifikasi terkena pembatasan usia bisa langsung dilihat di dashbor channel youtube dan untuk informasi lengkap bisa dicek di email yang dikirim oleh tim youtube seperti contoh berikut ini;


"Halo ARMAILA. com,

Seperti yang Anda ketahui, Pedoman Komunitas menjelaskan konten mana yang kami izinkan untuk diupload ke YouTube, dan mana yang tidak. Video Virus Corona di Wuhan Cina, Ada Yang Tiba Tiba Jatuh Tersungkur di Jalanan | CoronaVirus ditandai untuk kami tinjau. Setelah melakukan peninjauan, kami memutuskan bahwa video tersebut mungkin tidak cocok untuk semua penonton dan telah dikenai pembatasan usia.

Pembatasan konten video

Jika berisi konten yang mengandung kekerasan yang diposkan dengan cara yang menimbulkan keterkejutan, mengundang sensasi, atau tidak sopan, video kemungkinan besar tidak akan diizinkan untuk diupload di YouTube. Kami juga tidak mengizinkan konten yang bertujuan menghasut kekerasan atau mendorong kegiatan berbahaya. Kami meninjau konten berdasarkan kasus per kasus dan hanya akan membuat pengecualian terbatas pada konten dengan konteks pendidikan, dokumenter, seni, dan ilmiah yang sesuai, dengan tujuan pengeposan yang jelas.

Oleh karena itu, kami meminta pengupload untuk mengeposkan informasi sebanyak mungkin dalam judul dan deskripsi video, guna membantu kami dan pemirsa memahami tujuan utama dari video tersebut. Perhatikan bahwa meskipun disertai konteks tambahan ini, konten yang mengandung kekerasan atau menggambarkan adegan berdarah tetap tidak dapat diterima, terutama yang bertujuan memicu keterkejutan, mengundang sensasi, atau tidak sopan, dan jenis konten seperti ini dilarang di YouTube. Pelajari lebih lanjut di sini. 

Cara untuk memberikan tanggapan

Jika Anda yakin ini keliru, beri tahu kami. Untuk mengajukan banding atas pembatasan usia ini, kirim formulir ini. Tim kami akan meninjau banding tersebut secara menyeluruh, dan akan segera menghubungi Anda lagi.
Untuk informasi lebih lanjut tentang Pedoman Komunitas YouTube, kunjungi Pusat Bantuan kami.

Hormat kami,
- Tim YouTube"

Tim youtube memberikan penjelasan lebih lanjut tentang konteks yang dimaksud dari link yang dikirim dengan redaksi seperti berikut ini;

Pentingnya konteks

Konteks sangat penting untuk semua video, terutama saat memposting konten kekerasan. Konten yang bersifat mendidik, ilmiah, layak diberitakan, atau dokumenter mungkin sering berisi konten kekerasan. Jenis konten ini diperbolehkan untuk ditayangkan di YouTube jika berisi konteks yang jelas. Menambahkan detail penting untuk menjelaskan video tersebut dapat membantu pengguna menemukan dan memahami konten Anda. Penambahan detail informasi seperti ini juga membantu tim YouTube dalam meninjau video Anda jika ditandai.

Misalnya, video yang diposting oleh jurnalis warga (citizen journalist) yang mengambil rekaman tentang pengunjuk rasa yang dipukuli kemungkinan akan diizinkan jika menyertakan konteks yang sesuai. Dalam contoh ini, informasi yang sesuai bisa berupa daftar tips di awal video tentang cara agar tetap aman saat melakukan demonstrasi, atau narasi sulih suara tentang latar belakang demonstrasi tersebut. Video juga harus memiliki judul atau deskripsi yang jelas, untuk menunjukkan bahwa video tersebut melaporkan atau mendokumentasikan konten.

Panduan untuk menambahkan konteks

YouTube bukanlah tempat untuk mendukung kekerasan atau memupuk kebencian. Rekaman yang bersifat vulgar atau kontroversial mungkin diizinkan jika bersifat mendidik, tetapi mungkin perlu dikenakan pembatasan usia atau diberi layar peringatan.

Anjuran dan larangan

Yang sebaiknya Anda lakukan
Pertimbangkan tujuan video Anda — untuk menyampaikan informasi dan mendidik, atau mengejutkan dan menghasut?
Tambahkan sulih suara atau narasi teks ke video. Anda dapat melakukannya saat merekam, atau menambahkannya nanti saat mengedit.
Pastikan konteks dapat terlihat atau terdengar dengan mudah oleh orang yang menonton video. Penting untuk menambahkan informasi pada judul dan deskripsi, serta dalam konten video itu sendiri.
Anda dapat mempelajari konteks di Akademi Kreator lebih lanjut

Yang sebaiknya Anda hindari
Menjadikan kekerasan sebagai fokus dari video.
Menekankan konten kekerasan dengan melakukan zoom, pengulangan, atau menggunakan teknik pengeditan sehingga hasilnya menyimpang dari pesan yang ingin Anda sampaikan.
Mencoba untuk mengejutkan atau membuat penonton merasa jijik.
Menggunakan video untuk memuja atau merayakan tindakan kekerasan.
Mengandalkan metadata saja untuk memberikan konteks. Metadata memang dapat mendukung, namun penonton harus dapat memahami konteks dari menonton dan mendengarkan video tersebut.

Tips menambahkan konteks sebelum dan sesudah mengupload

Cara menambahkan konteks sebelum video diupload
Menambahkan konteks dalam video dapat membantu kami memahami latar belakang dan tujuannya. Pada konten yang berisi kekerasan atau terkait dengan terorisme, tambahkan pengantar, komentar dengan sulih suara, atau hamparan teks untuk memberikan konteks tambahan. Sangatlah penting untuk menambahkan informasi yang bersifat informatif dan menjelaskan ke dalam video sebelum menguploadnya, agar tim kami bisa memahami konteks video tersebut, dan tidak sepenuhnya bergantung pada judul atau deskripsi video untuk menjelaskan tujuan Anda.

Sebaiknya Anda jangan melakukan zoom in atau mempertahankan fokus pada bagian yang paling menonjolkan kekerasan di video, karena kami tidak mengizinkan kekerasan yang mencolok.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk komputer dan perangkat seluler yang dapat digunakan untuk mengedit video: menambahkan overlay teks, layar judul, dan trek audio. Setelah video diedit, Anda dapat menyimpannya atau mengekspornya langsung ke YouTube.

Cara menambahkan konteks setelah video diupload
Jika tidak dapat menambahkan konteks yang memadai di awal upload video, Anda juga dapat menambahkan konteks tambahan setelah video diupload. Konteks tambahan ini penting, namun jika video mengandung konten yang sangat sensitif, Anda tetap perlu memberikan konteks pada video tersebut.

  • Berikan judul yang informatif dan sesuai. Anda dapat mengemas banyak informasi di sini, meskipun Anda sedang dalam perjalanan dan mengaksesnya melalui perangkat seluler.
  • Hindari menggunakan deskripsi, judul, tag, dan thumbnail yang menyoroti aspek paling provokatif atau mengejutkan dari video Anda.
  • Gunakan fitur YouTube untuk menyertakan informasi deskriptif di video, misalnya siapa, apa, kapan, di mana dan mengapa suatu hal terjadi?
  • Gunakan kartu untuk menautkan ke situs yang relevan, seperti berita khusus atau pernyataan artis yang terkait.
  • Jika rekaman Anda bersifat sensitif dan ada visual yang perlu disamarkan, coba fitur pemburam YouTube.
  • Lihat organisasi seperti Witness, yang menyediakan resource gratis untuk aktivis video, pelatih, dan rekan mereka.


Namun bagian terpenting adalah mengetahui penyebab Konten yang dikenai pembatasan usia seperti penjelasan tim youtube berikut ini;

Konten yang dikenai pembatasan usia

Terkadang konten tidak melanggar kebijakan kami, tetapi tidak sesuai untuk penonton tertentu. Dalam kasus ini, tim peninjau kami akan menerapkan pembatasan usia pada video tersebut, atau menghapus thumbnail saat kami diberi tahu tentang konten yang dimaksud.

Video yang dikenai pembatasan usia tidak dapat dilihat oleh pengguna yang tidak login ke akun, berusia di bawah 18 tahun, atau mengaktifkan Mode Terbatas.

Hal yang akan menyebabkan pembatasan usia

Berikut beberapa hal yang kami pertimbangkan untuk menerapkan pembatasan usia:

  • Bahasa yang vulgar
  • Kekerasan dan gambar yang mengganggu
  • Konten yang berisi ketelanjangan dan bernuansa seksual
  • Gambaran aktivitas yang berisiko atau berbahaya
  • Jika Anda yakin kami telah melakukan kesalahan, Anda dapat mengajukan banding atas pembatasan usia.


Monetisasi dan pembatasan usia

Jika Anda memenuhi syarat untuk memonetisasi konten, pastikan untuk meninjau kebijakan kami. Video yang dikenai pembatasan usia tidak memenuhi syarat untuk dimonetisasi, dan tidak akan ditampilkan di bagian YouTube tertentu. Video yang dikenai pembatasan usia juga tidak memenuhi syarat untuk digunakan sebagai iklan.

Periksa apakah konten Anda dikenai pembatasan usia
Jika konten Anda dikenai pembatasan usia, Anda akan melihat “Pembatasan usia” pada kolom Batasan di halaman Video. 

Nah. Jika merasa tidak melakukan poin poin yang menyebabkan pembatasan usia diatas maka bisa mencoba melakukan banding dengan menigisi  formulir ini dan memberikan alasan bahwa kontenmu cocok untuk semua usia.

Setelah mengajukan banding maka tim youtube akan meninjau dan akan memberikan respon seperti contoh berikut ini;

Keputusan tentang Permohonan Banding Video Anda


"ARMAILA. com yth.,
Terima kasih telah mengirimkan permohonan banding video Anda ke YouTube. Setelah peninjauan lebih lanjut, kami telah memutuskan bahwa video Anda tidak melanggar Pedoman Komunitas kami, tetapi mungkin tidak sesuai untuk penonton secara umum. Oleh karena itu, kami memberi batasan usia kepada video Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Pusat Bantuan YouTube.

Hormat kami,
- Tim YouTube"

Walaupun diatas nyata nyata banding ditolak. Tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan fitur formulir banding yang disediakan oleh youtube walaupun hasilnya belum tentu sesuai harapan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

#NelponUnlimitedTsel
#50GbFlashTsel #Paket1500SmsArmaila
Advertisement