Cara Pindah Wordpress ke Blogspot [AkhirMali.com]

Sebelum lanjut ke Cara Pindah Wordpress ke Blogspot ada baiknya dibahas dulu tentang perbandingan/perbedaan menggunakan blogger blogspot & wordpress..

Cara Pindah Wordpress ke Blogspot [AkhirMali.com]


Cara Pindah Wordpress ke Blogspot [AkhirMali.com] - Assalamu'alaikum rakan sebet Malie, Kali ini saya ingin sharing ke teman teman terkait wordpress blogspot atau upaya untuk pindah/migrasi dari wordpress ke blogspot.

Domain yang akan saya pindahkan hostingnya dari wordpress ke blogspot adalah domain AkhirMali.com. Saat sebelum dipindahkan dulu, postingan blogspotnya masih ada sampai saat artikel ini dipublikasikan masih tersedia.

Hanya saja saat diklik maka akan diarahkan ke wordrpress karena settingan settingan tertentu yang telah dibuat di wordpress yang menggunakan settingan permalinks.

Cara Pindah Wordpress ke Blogspot [AkhirMali.com]

Saya akan coba dokumentasikan dan informasikan selengkap mungkin terkait migrasi kembali blog ini dari wordpress ke blogger kembali.

Wordpress Blogspot

Secara umum. pembahasan adalah proses beralih kembali dari wordpress ke blogspot. Namun saya akan coba singgung juga alasan alasan pribadi mengapa yang awalnya menggunakan hosting blogger lalu pindah ke self hosting wordpress, selanjutnya pindah lagi ke blogger.

Pindah Dari Blogger ke Wordpress

Pindah Dari Blogger ke Wordpress

Pada awal Februari 2022 yang lalu, saya ada membeli hosting dengan kapasits 2GB di Domainesia. Hosting dengan harga Rp 360.000 ini pun Malie isi untuk beberapa situs antara lain: AkhirMali.com, ARMAILA.com, en.ARMAILA.com, tekno.ARMAILA.com.

Mencari Perbandingan Wordpress dan Blogspot

Sebelum mengambil keputusan pada mula mula akan pindah dari blogspot ke wordpress. tentunya kita harus mencari informasi terkait perbedaan dan perbandingan wordpress dan blogspot.

Setidaknya ada 5 perbandingan yang dirasakan oleh seorang blogger. Hal tersebut sebagaimana dikutip dari blog nusanet.

Biaya

Secara biaya, keduanya memiliki layanan blogging secara gratis. Bedanya jika memilih menggunakan Blogger, kamu akan mendapatkan layanan tema, hosting, dan domain tanpa biaya. 

Sama halnya dengan Blogger, kamu juga bisa mendapat layanan blogging secara gratis pada platform WordPress. Bedanya pada platform WordPress kamu memerlukan hosting dan domain berbayar untuk membuat website sendiri. 

Mahal atau tidaknya biaya hosting itu relatif menurut Malie seperti hosting diatas yang dibandrol dengan harga Rp 360.000 untuk setahun.

Kepemilikan

Secara kepemilikan, WordPress lebih unggul dibandingkan dengan Blogger. Kamu bisa memiliki secara keseluruhan dari blog yang kamu buat bersama WordPress, tetapi tidak dengan Blogger atau Blogspot.

Google sebagai pemilik platform berhak untuk bertindak tanpa konfirmasi terlebih dahulu ketika isi konten yang ada pada blog kamu mengandung hal-hal yang menurut Google tidak pantas atau ilegal. Artinya sewaktu waktu blog tersebut bisa dihapus oleh Google kapanmu dia mau.

Baca Juga:

Meski begitu, pemilik hosting pada WordPress juga bisa meminta kamu untuk menghapus konten yang ilegal.

Tampilan Website

Dari segi tampilan, Blogger maupun WordPress memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, buat kamu yang menggunakan platform Blogger, tidak semua bisa diubah. Ada beberapa hal yang tidak bisa diubah dan diatur secara default, seperti layout dan logo header yang ada pada blog.

Baca Juga: Premium Blogger Templates Median UI v1.5

Kendati demikian, ini bukanlah sesuatu yang terlalu sulit di blogspot. Karena bagaimana pun banyak developer template semisal mas sugeng yang banyak memberikan piihan template premium untuk blogger seperti; LinkMagzVioMagzVioTokoEvoMagzKuToko dan template lainnya yang dikembangkan oleh mastah blogger.

Keamanan

Untuk sistem keamanan, WordPres lagi-lagi lebih unggul dalam menambahkan sistem keamanan. Ada beberapa bagian keamanan yang kamu miliki jika menggunakan WordPress, yaitu keamanan WordPress, Hosting, dan penambahan plugin keamanan. 

Sebaliknya, Blogspot hanya bisa mengandalkan Google. Keamanan sepenuhnya dalam kendali Google. Buruknya, jika email diretas orang asing,  blog pun ikut terancam.

Tetapi secara pribadi, Malie lebih mempercayai keamanan yang diberikan oleh Google. Semenjak 2008 Malie menggunakan layanan google berupa email, sampai saat ini belum ada 1 pun akun yang diretas oleh orang lain.

Hanya saja akun yahoo Malie pernah diambil oleh orang lain entah bagaimana caranya dan teknik yang dilakukan oleh attacker.

BACA JUGA: FAIL! Recover Hacked Yahoo Account Via Alternative Email

Fitur dan Layanan

Buat kamu yang hanya menginginkan platform blogging sederhana, memanfaatkan Blogspot saja sudah cukup. Akan tetapi, buat kamu yang ingin memiliki website dengan banyak fitur, WordPress lebih unggul dan mudah digunakan.

Diantara fitur yang Malie sendiri berpindah dari blogspot ke wordpress pada awal awal adalah karena di wordrpress ada beberapa plug in andalan antara lain:

Yoast SEO: plugin ini berfungsi untuk meningkatkan SEO website WordPress. plugin yoas akan membantu saat Menulis konten yang lebih baik sehingga situs WordPress dapat teroptimasi penuh dengan menggunakan plugin Yoast SEO.

Ad Inserter: plugin ini memiliki fitur untuk memudahkan dalam mengelola iklan di posisi mana akan dipasang iklan tersebut, semisal di paragraf ke-2, 3, 6, 9 dan seterusnya. Atau sebelum judul artikel, di akhir artikel. Pokoknya plugin ini sangat membantu dalam penempatan iklan di wordpress

Mihdan: ini adalah salah satu plugin keren yang Malie rasakan. plugin ini mampu membuat blog kita menyembunyikan link yang keluar sehingga tidak terlihat link tujuannya.
Sebagai contoh link https://www.armaila.com/link/13848 yang merupakan external link menuju link https://shope.ee/6f3y9P21Gz
Recycle old posts: Plugin ini berfungsi untuk mempublish ulang artikel lama sehingga web terlihat selalu update terkini. Tentu saat ini fitur ini belum ada di blogger.

Masih banyak lagi fitur fitur lainnya yang ada di wordpresss.

Cara Pindah Wordpress ke Blogspot

Kembali ke topik utama. kita akan lanjut ke Cara Pindah Wordpress ke Blogspot. Namun sebelum itu perlu diperhatikan bahwa saat Malie pindah dari blogspot ke wordpress. blog di blogspot tersebut tidak Malie hapus.

Dengan demikian tidak ada postingan yang perlu diimport kembali dari wordpress ke blogspot karena akan migrasi. Hal tersebut dikarenakan juga blog AkhirMali.com sama sekali tidak pernah Malie update artikelnya. Singkatnya jumlah artikel pada saat akan pindah dari blogspot ke wordpress masih sama dengan saat akan pindah kembali dari wordpress ke blogspot.

Walau demikian. Saya tetap akan tampilkan langkah langkah secara lengkap Cara Pindah Wordpress ke Blogspot.

Langkah pertama memidahkan isi blog WP ke Blogger adalah mengunduh (download) dulu semua postingan di blog WP. Caranya dengan klik Ekspor (Export) di bagian Peralatan (Tools).
1. Di Dashboard blog WP, klik Tools > Export

Akan terunduh file berekstensi .xml

2. Ubah, konversi, atau convert file yang baru saja didownload tersebut di halaman Konversi WordPress ke Blogger

3. Klik Choose file dan upload lalu klik Convert. Akan terunduh file baru berekstensi .xml.

Jika halaman convert xml Worpress ke Blogger di atas tidak berfungsi, maka kita bisa menggunakan plugin untuk mengunduh file xml isi blog WP dalam format xml Blogger.

Begini caranya:

1. Pasang dan aktifkan plugin Export to Blogger

With this WordPress plugin, you can easily export WordPress data to Blogger(Blogspot).
No need to use software and convert by yourself anymore! This plugin exports dedicated xml files directly, so what you need is just import it to Blogger.

2. Klik Setting di plugin Export to Blogger

  • Pilih type postingan > Post
  • Pilih status > Any
  • Centang Select category to export

3. Klik Export XML
4. Akan terdownload file berekstensi .xml

Cara Import File XML ke Blogger

Saat memindahkan isi blog ke blog di Blogger:

Cara Upload ke Blogger

1. Klik Setting
2. Scroll ke bawah hingga Manage Blog (Kelola Blog)
3. Klik Import content
4. Centang I’m not a robot
5. Pilih publikasi otomatis atau jadi draft
6. Klik Import > pilih file xml yang didownload tadi.
7. Tunggi 1-2 menit, refresh halaman dashboard blogger Anda.

Postingan atau konten blog WP Anda kini sudah ada di Blogger.

Kelola DNS & Cara Setting Domain Custom Ke Blogspot

Berhubung blog yang dipindahkan dari wordpress ke blogspot sebelumnya sudah TLD. Tentu saja IP nya akan berbeda antara hosting di wordpress dan blogspot (google) maka perlu settingan kembali.

Kelola DNS & Cara Setting Domain Custom Ke Blogspot

Baca Juga: Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Kelola DNS

Malie menggunakan  idwebhost untuk membuat domain TLD AkhirMali.com. Jadi domain ini sudah disetting sebelumnya dan hanya perlu dilakukan perubahan kembali pada bagian kelola DNS

Pada kolom nama host isi “@” ( tanpa tanda petik ), pada kolom jenis record  pilih A( Address ) untuk Alamat isi tujuan link atau ip server dan Prioritas bisa di kosongkan.

Masukkan 4 ip address blogger satu persatu

Masukkan 4 ip address blogger satu persatu, untuk ipnya adalah :

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

ip address blogger
Selain itu, IP Address domain AkhirMali.com di hosting wordpress dengan alamat IP 45.33.24.136 akan dihapus juga.
IP Address domain AkhirMali.com di hosting wordpress

Name Host WWW dengan jenis record A (address) juga dihapus. Singkatnya semua yang berhubungan dengan IP 45.33.24.136 akan dihapus.

name host www a record alamat 45.33.24.136
name host www a record alamat 45.33.24.136

Selanjutnya name host WWW akan diubah jenis recordnya ke CNAME dan bagian alamat diisi ghs.google.com

name host www a record CNAME alamat ghs.google.com
name host www a record CNAME alamat ghs.google.com




Mau donasi lewat mana?

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© AKHIR MALI. All rights reserved. Developed by Saifullah.id